Menguak Tabir

ISIS dan Kebenaran Video Pembakaran Pilot

Keterampilan ISIS dalam menabung rekening kekerasan bertambah tambun, usai video penyemblihan, ISIS menambah rekening gendut kekerasan ISIS dengan pola baru, membakar hidup-hidup manusia. Yaitu seorang manusia yang diberitakan pilot asal Yordania, Moaz al Kasassbeh yang tertangkap Desember kemarin

Pilot Yordania itu dibekuk ISIS pada Desember lalu ketika pesawat F-16 yang ia tunggangi jatuh di dekat Raqqa, Suriah, daerah yang dikuasai ISIS. Video berdurasi 20-menit itu dirilis (3/2) memasang logo layanan media kelompok ekstremis al-Furqan. Video itu juga memiliki detail produksi dan grafis yang serupa dengan video-video yang pernah ditayangkan ISIS sebelumnya.

Dalam video itu terlihat, laki-laki dengan tanda-tanda telah dipukuli, termasuk biru pada matanya yang lebam. Pada akhir video, tampak ia mengenakan jaket orange. jaket itu sekilas tampak basah oleh cairan yang mudah terbakar Dia berdiri di dalam sebuah kerangkeng. Bersandar di sana di dalam kandang hitam. Sesaat muncul seseorang dengan pembungkus kepala yang obor menyala.

Api dari obor itu lantas membakar sang pria yang kemudian tampak meletakkan lutut di tanah. Pria yang membakar manusia itu kemudian ‘menuangkan’ puing bangunan termasuk batu, ke atas kandang, yang lalu diratakan oleh buldoser. Saat itu terjadi, tubuh pria yang terbakar masih di dalamnya. (Ap dan Antara)

Yang patut di pertanyakan adalah apakah kebenaran video itu dapat dipertanggung jawabkan keasliannya? Apakah suara kebenaran kelompok yang merasa benar sendiri layak dijadikan salah satu landasan kebenaran? Kantor Berita The Associated Press pun belum dapat segera mengkonfirmasi keaslian video yang menunjukkan pembunuhan yang diklaim sebagai pilot Yordania itu .

Bukan hanya itu Gedung Putih menyatakan, saat ini pihaknya sedang berusaha mendapatkan autentikasi atas video yang diunggah ISIS. Termasuk kapan gambar dalam video itu direkam, juga apakah benar pria dalam video itu merupakan sosok. pilot Bisa saja ISIS mencari orang yang sama untuk mempertontonkan kekerasan itu.

Jika itu benar bahwa itu adalah Moaz al Kasassbeh, bagaimana dengan berita tewasnya Moaz yang disampaikan oleh kepala militer Yordania kepada keluarga. Kepada Reuters, keluarga menyatakan Moaz tewas terbunuh. Bahkan, menurut televisi pemerintah Yordania, pembunuhan Moaz bukan baru dilakukan.

Sang pilot sebenarnya sudah tewas sejak sebulan lalu. Disebutkan, Moaz yang menjadi sandera ISIS sejak Desember itu, sudah dibunuh pada 3 Januari lalu. Belum diketahui jelas kebenaran kabar itu, sebab pemerintah belum memberikan pernyataan resmi terkait berita ini.

 

Analisa yang berkembang kemudian berdasarkan laporan keluarga kepada Reuters di atas Muaz di bunuh 3 Januari silam dan fotonya baru di unggah (3/2) Tapi analisa ini bertabrakan dengan pernyataan wartawan Jepang yang điduga menjadi korban kekerasan ISIS

“Saya Kenji Goto Jogo, Ini adalah pesan suara di mana saya disuruh mengatakan kepada Anda.
Jika Sajida al-Rishawi tidak siap ditukar dengan nyawa saya di perbatasan Turki pada saat matahari terbenam Kamis 29 Januari, waktu Mosul, pilot Yordania Mia’dh al-Jasaben (Moaz al-Kassasbeh) akan langsung dibunuh,” kata Goto berdasarkan transkrip SITE ketika itu

Sebelumnya, ISIS sudah mengancam akan membunuh tawanan Yordania jika Amman tidak membebaskan Sajida yang dipenjara di negara itu, demikian disampaikan grup monitoring intelijen SITE.
Pẻrtaanyaan nya adalah dimanakah diantara semua berita tentang pembakaran ini yang paling mendekati kebenaran? Opini pembakaran yang sudah terbangun atau penjelasan pihak keluarga kepada Reuters. atau hanya rekayasa? Terlepas dari benar atau tidaknya, pembakaran atas manusia sungguh sebagaimana ditegaskan Obama adalah tidakkan yang bar bar!

Visit www.kulitdisangkaisi.com

Postingan ini ditulis oleh :

Aa Djamaludin

58 komentar untuk “ISIS dan Kebenaran Video Pembakaran Pilot

  1. Pingback: Google

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*